4 Langkah Sederhana Membangun Startup

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang definisi dari Startup (baca : apa itu startup). Sebagai lanjutannya, ada sekitar 4 langkah sederhana membangun startup yang ingin saya bagi. Apa saja itu?

1.Passion

Membangun Startup adalah perjalanan panjang nyaris tak berujung yang tentu saja akan sangat melelahkan jika Startup yang kita bangun bukanlah sesuatu yang kita sukai.

Namun jika Startup yang dibangun itu adalah passion kita, bahkan bergadang tiga hari tiga malampun pasti akan dilakoni.

2.Mulai dari Masalah

Startup akan cepat berkembang jika produk yang ditawarkan diperlukan banyak orang. Produk yang bisa memberi solusi atas masalah bersama yang dialami calon pengguna.

Untuk mencari masalah tidak perlu repot-repot melakukan survey yang rumit. Cukup cari dari diri sendiri. Apa masalah yang dihadapi, lalu pikirkan solusinya.

David Karp membangun Tumblr gara-gara capek menunggu layanan microblogging yang ia idam-idamkan.

GoJek lahir gara-gara Nadiem Makarim sering kesulitan mencari Ojek.

3.Mulai Dari Yang Gampang

Dalam membangun Startup tidak perlu mikir terlalu berat. Bangun saja dari yang dirasa paling mudah untuk dikerjakan.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Groupon awalnya dibangun hanya menggunakan WordPress sederhana.

Begitu juga dengan DropBox yang awalnya hanya berupa halaman web sederhana yang berisi penjelasan tentang produk tersebut. Setelah ada lonjakan pengguna hingga 70.000 pendaftar, barulah DropBox dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih canggih.

4.Cuek Bebek

Saat mengembangkan Startup bisa jadi banyak yang berkomentar jelek tentang produk yang ditawarkan. Cuek aja.

Dulu Steve Jobs pernah berkomentar negatif tentang DropBox. Menurut Jobs, Dropbox hanyalah sebuah fitur dan bukannya sebuah aplikasi. Tapi lihat saja sekarang, DropBox dipakai oleh lebih dari 175 juta users.

Tentu saja 4 langkah ini terlalu sederhana untuk dijadikan acuan membangun StartUp yang sukses. Tapi sebagai langkah awal, saya yakin dengan memulai dari 4 langkah ini kita akan menemukan langkah-langkah besar selanjutnya.

Salam Kreatif,

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe IndonesiaKonsultan Kreatif 

Thiar Bramanthia Author

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *