Apa itu Startup Company ?

Belakangan istilah Startup begitu populer dikalangan pelaku usaha. Kabarnya perusahaan-perusahaan Startup di Indonesia tumbuh dengan cukup pesat. Tapi sebenarnya apa itu startup company ?

Kalau kita cari di wikipedia, pengertian startup company kira-kira seperti berikut ini:

“A startup company or startup is a company with a limited operating history. These companies, generally newly created, are in a phase of development and research for markets. The term became popular internationally during the dot-com bubble when a great number of dot-com companies were founded.”

atau jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia bunyinya menjadi :

“Sebuah perusahaan startup atau biasa disebut startup saja adalah sebuah perusahaan dengan sejarah operasi yang masih terbatas. Perusahaan-perusahaan ini, umumnya baru dibuat, sedang berada dalam tahap pengembangan dan penelitian untuk pasar. Istilah startup menjadi populer secara internasional sejak terjadinya gelembung dot-com dimana sejumlah besar perusahaan dot-com didirikan.”

Jika merujuk pada definisi diatas, maka bisa disimpulkan bahwa StartUp adalah sebuah perusahaan yang baru berdiri apapun jenis usahanya.

Namun belakangan istilah StartUp sangat melekat pada perusahaan-perusahaan baru yag berbasiskan teknologi. Sehingga akhirnya StartUp identik dengan perusahaan digital. Sedangkan perusahaan baru yang bukan berbasis teknologi umumnya disebut dengan UKM atau UMKM.

Yang menarik, perusahaan StartUp umumnya di dirikan oleh anak-anak muda dibawah 30 tahun. Sebut saja Mark Zuckerberg yang memulai bisnis Facebook di usia 19 tahun, atau Matt Mullenweg yang mengembangkan WordPress juga di usia 19 tahun.

Di Indonesia sebagian besar StartUp juga dikuasai anak-anak muda. Yang cukup fenomenal adalah Andrew Darwis dengan Kaskus nya. Atau yang sekarang sedang ramai adalah StartUp GoJek yang didirikan oleh Nadiem Makarim yang usianya juga masih dibawah 30 tahun.

Berangkat Dari Masalah

Bagaimana anak-ana muda ini bisa membangun StartUp dari nol hingga menjadi perusahaan raksasa bernilai Milyaran Rupiah?

Ternyata hampir semuanya memiliki kesamaan, yaitu berangkat dari masalah kemudian berusaha menciptakan sesuatu untuk mengatasi masalah tersebut.

Mark Zuckerberg ingin mengetahui profil teman-teman kuliahnya, maka lahirlah Facebook. Nadiem sering kesulitan mencari Ojek, dan lahirlah GoJek.

Nah, merasa punya masalah yang bikin repot setiap hari? jangan-jangan bisa jadi ide StartUp baru.

Salam Kreatif,

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe IndonesiaKonsultan Kreatif 

73 total views, 2 views today

Thiar Bramanthia

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

2 thoughts on “Apa itu Startup Company ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *