Ayo Kerja Bakti, Tapi Kok ?

Sudah 3 hari berturut-turut Jakarta diguyur Hujan. Seperti biasa di beberapa lokasi sudah mulai tergenang air. Ada yang cuma sebatas mata kaki, ada juga yang sampai sebatas leher.

Kalau sudah banjir begini biasanya yang jadi tertuduh adalah sampah dan got yang mampet. Walaupun ada juga sih yang iseng menjadikan “seseorang” sebagai tertuduh.

Bicara soal got mampet, tentu semua sudah paham apa solusinya. Tidak lain tidak bukan, ya dibersihkan got-nya. Cara yang paling efektif adalah denagn mengajak seluruh warga untuk rame-rame kerja bakti.

Solusi yang terdengar mudah, tinggal teriak Ayo Kerja Bakti. Lho tapi kok ? ternyata membersihkan got terutama di lokasi perumahan itu gak gampang ya. Karena hampir seluruh got di depan pintu masuk rumah sudah tertutup beton.

Jembatan Beton di depan rumah menutupi Got

Kalau seperti ini pasti repot untuk membersihkan got yang berada dibawah jembatan. Lebih Repot lagi, jika jembatan di depan rumah ini berdekatan dengan jembatan tetangga sebelah. Artinya lebar jembatan semakin panjang.

Atau seperti gambar dibawah ini :

Terlihat keren dan rapih sih. Tapi Got nya semakin sulit dijangkau.

Bagi pengembang mungkin sudah harus mulai berpikir untuk membuat design rumah yang ramah lingkungan dengan membuat jembatan selokan yang mudah dibuka. Misalnya dengan menggunakan Metal Floor Grilles.

Dengan menggunakan jembatan besi seperti diatas, akan sangat mudah saat membersihkan Got dibawahnya. Cukup dengan cara membuka jembatan, dan bersihkan. Setelah selesai, pasang lagi. Beres deh.

Lantas, bagaimana buat kita-kita yang rumahnya sudah terlanjur di-beton ?

Menurut akoe sih, jika kita peduli pada lingkungan, gak ada salahnya sedikit berkorban untuk mengganti jembatan beton kita dengan bahan yang lebih mudah di buka-tutup. Bermanfaat untuk lingkungan, Insya Allah ada pahalanya 🙂

 

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe Indonesia | Konsultan Kreatif 

Thiar Bramanthia Author

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *