Cara Mendapatkan Hosting dan Domain Terbaik

Bagaimana sih mendapatkan hosting dan domain terbaik ? sebenarnya gak repot-repot amat kok. Sekarang ini banyak sekali perusahaan penyedia hosting yang bagus. Mulai dari yang sekedar reseller dari perusahaan besar, ada juga yang masih sewa VPS Cloud untuk servernya hingga perusahaan besar yang sudah berani investasi besar-besaran.

Sebelum kita membahas tentang cara mendapatkan hosting dan domain terbaik, ada bagusnya kita kupas sedikit tentang apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan hosting dan domain itu?

Pengertian Hosting

Hosting merupakan sebuah space atau tempat penyimpanan data sebuah blog atau website di internet yang memungkinkan data tersebut diakses secara online dan dilihat oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Penjelasan sederhananya bisa diumpamakan seperti ini. Jika Anda ingin membangun sebuah usaha, maka Anda membutuhkan sebuah lapak untuk usaha Anda tersebut, bukan? Katakanlah lapak tersebut berupa Ruko yang mempunyai space atau ukuran ruangan yang variatif ada yang ukurannya 5×5 2, 10×5 2, dan seterusnya.

Begitu pula dengan hosting di internet. Ada beragam varian space berbeda yang dapat Anda pilih: 500MB, 1GB, bahkan space yang jauh lebih besar. Namun yang pasti, berapapun space-nya pasti suatu saat akan menjadi kendala jika Anda membeli hosting yang space-nya dibatasi.

Jadi untuk amannya, pilihlah perusahaan hosting yang menyediakan fasilitas space unlimited untuk website kita.

Pengertian Domain

Domain adalah alamat sebuah situs berupa (.com/.net/.org) dan lain-lain, mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi alamat (IP address) sebuah server komputer (hosting).

Seperti ilustrasi diatas, ketika Anda sudah mempunyai ruko untuk space usaha, tentunya yang Anda butuhkan adalah alamat agar siapapun dapat mengunjungi tempat usaha Anda dengan mudah. Jika Anda sudah mempunyai ruko tetapi tidak memiliki alamat, lantas bagaimana orang dapat mengunjungi tempat usaha Anda?

Begitu juga dengan domain, sebuah alamat yang wajib ada agar website Anda dapat dengan mudah diingat dan dikunjungi oleh orang dari seluruh penjuru dunia.

Hosting Terbaik Menurut Saya

Nah, sekarang kita mulai masuk ke materi inti cara mendapatkan hosting dan domain terbaik.

Sepanjang saya menggeluti dunia Blogging sejak tahun 2009, sudah beberapa kali saya berganti-ganti perusahaan hosting. Yang terakhir saya memilih untuk “menitipkan” semua Blog saya ke perusahaan hosting NiagaHoster. Jadi gak ada salahnya kalau teman-teman juga memilih perusahaan ini.

1. Untuk mulai memilih paket hosting dan domain di NiagaHoster cukup KLIK NiagaHoster.co.id sekarang juga.

Hasilnya akan muncul gambar seperti dibawah ini :

 

2. Pilih Menu Hosting, kemudian pilih paket yang sesuai dengan keingininan anda :

 

3. Saran saya pilih paket Personal dengan kontrak minimal 6 Bulan.

 

4. Setelah itu Anda akan menemukan halaman seperti gambar di bawah ini, pilih kontrak yang Anda inginkan: 6 bulan, 1 tahun, atau bahkan 3 tahun; tentu dengan potongan harga yang berbeda.

 

5. Pilih “Selanjutnya” dan Anda akan menemukan opsi untuk membeli domain. Silakan masukkan nama domain yang Anda inginkan, setelah itu pilih “cari domain” :

 

6. Jika domain dengan nama yang Anda inginkan tersedia, akan muncul keterangan seperti gambar di bawah ini, setelah itu pilih jangka waktu registrasi, tersedia 1-3 tahun dengan harga yang berbeda. Sebagai contoh, kami memilih registrasi 1 tahun, setelah itu pilih “Tambah ke Cart”.

 

7. Pada halaman berikutnya Anda akan menemukan rincian order hosting dan domain. Pastikan semuanya sesuai dengan yang Anda pesan, setelah itu pilih “Selanjutnya”.

 

8. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman “Checkout” dimana pada halaman ini Anda akan diarahkan untuk membuat akun baru di Niagahoster. Silakan pilih “Lanjutkan”, namun jika Anda sudah mempunyai akun, tinggal login pada halaman tersebut dengan memasukkan email dan password Anda.

Isi data Anda dengan lengkap di bawah ini, dan pilih metode pembayaran yang diinginkan, setelah itu pilih “Proses Checkout”.

 

9. Kemudian Anda akan menemukan halaman terima kasih. Pilih lanjutkan maka Anda akan memasuki member area Niagahoster dan menemukan tagihan yang harus dibayar, lengkap dengan cara melakukan pembayaran seperti gambar di bawah ini.

 

 

 

 

10. Setelah melakukan pembayaran dan konfirmasi, Anda akan mendapatkan email atau pemberitahuan pada member area Niagahoster terkait data untuk login ke cPanel atau hosting Anda.

 

11. Setelah itu, coba login pada cPanel dengan URL cPanel yang terdapat pada email seperti gambar di atas. Anda juga bisa mengetikkan namadomainAnda.com/cpanel pada browser untuk memunculkan halaman seperti gambar di bawah ini. Silakan masukkan username dan password yang terdapat pada email.

 

Selesai !

Selamat, anda sudah punya Hosting dan Domain terbaik… menurut saya looh 😉

Materi Berikutnya : Cara Install WordPress di cpanel dengan Softaculous

Salam Kreatif,

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe IndonesiaKonsultan Kreatif 

Thiar Bramanthia Author

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *