Jalan-Jalan ke Sembalun

Lombok memang belum setenar Bali. Padahal menurut saya pribadi, Lombok jauh lebih indah dibandingkan Bali. Disamping udaranya tidak sepanas Bali, pantainya juga masih bersih dan asri.

Salah satu daerah indah yang layak dikunjungi jika ke Lombok adalah Sembalun, sebuah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur. Dekat dengan Gunung Rinjani, Sembalun memiliki Luas wilayah sekitar 217,08 Km2, terdiri dari 6 desa yaitu Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun dan Desa Sembalun Timba Gading.

Ibu Kota Kecamatan Sembalun terletak di Desa Sembalun Lawang. Desa kecil di sebelah utara kaki Gunung Rinjani ini berada di ketinggian 1.156 m.

Desa bersuhu sejuk yang memiliki pemandangan sangat indah ini menjadi tempat favorit para pendaki sebagai titik awal pendakian.

Butuh waktu sekitar 4 jam dari Kota Mataram untuk mencapai Desa Sembalun Lawang. Tapi jangan khawatir, karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam hijau permai berlatar Gunung Rinjani yang gagah perkasa. Di kiri kanan jalan aspal yang berkelok terhampar ladang pertanian dan sayuran bertingkat-tingkat, sementara dikejauhan tampak terbentang pemandangan laut Gili Trawangan.

Sesampainya di desa Sembalun, kita akan disambut oleh pemandangan lain yang luar biasa. Desa ini ternyata dikelilingi oleh megahnya tebing-tebing batu dengan kemiringan mencapai 90 derajat!

Tampak lumut dan rerumputan melapisi bebatuan menambah pesona kecantikannya. Di tempat ini paru-paru kita sungguh dimanjakan dengan udara segar pegunungan.

Masih banyak lokasi lain di seputaran Sembalun yang tidak kalah indahnya. Tunggu bahasan selanjutnya ya…

 

Salam Kreatif,

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe Indonesia | Konsultan Kreatif 

Thiar Bramanthia Author

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *