Kutahu Yang Kumau

Hallo sahabat Indonesia, saya mau cerita sedikit tentang pengalaman yang cukup seru beberapa waktu yang lalu. Btw, judulnya kayak iklan jaman dulu ya… Kutahu Yang Kumau he he…

Ok langsung ajaya. Ceritanya gini… Suatu ketika saya mendapatkan kontrak untuk pengerjaan Video Profile dari sebuah perusahaan Keamanan Kendaraan alias alarm.

Seperti biasa, sebelum meeting dengan klien saya selalu mencoba mempelajari produk-produknya lewat website atau brosur yang mereka punya. Tujuannya supaya dihadapan klien nanti terkesan saya sudah kenal dengan perusahaan mereka (cieee… modus).

Akhirnya sampailah pada waktunya saya diundang untuk berdiskusi mengenai project ini yang akan dihadiri langsung oleh President Director nya.

Acara diskusi dimulai dengan obrolan ringan sekedar basa-basi. Alhamdulillah pengetahuan singkat yang saya dapat dari brosur dan website mereka cukup membuat pembicaraan ringan kami nyambung dan akrab.

Disela-sela obrolan, dengan santai saya mengajukan pertanyaan Standard : “Sebenarnya, Video Profile seperti apa sih yang Bapak inginkan “.

Sederhana ?. Tapi apa yang terjadi? Sang Boss besar tidak mampu menjawab pertanyaan tersebut. Dengan wajah yang terlihat agak bingung, si Boss hanya menjawab “Ya yang bagus”.

Untung saja pertanyaan ini saya ajukan disaat santai dan dalam suasana santai yang masih penuh ha ha hi hi. Coba kalau pertanyaan ini saya ajukan saat diskusi resmi. Jangan-jangan si Boss malah tersinggung. Dan project pun pasti melayang.

Buru-buru saya mencairkan suasana dengan menjawab “Iya donk pak, pasti kita bikin yang keren. Insya Allah…” sambil tidak lupa cengengesan…

Kejadian seperti diatas tidak sekali dua kali saya alami. Banyak para klien yang tidak mampu menjelaskan keinginan mereka secara gamblang. Itulah sebabnya setiap ada project seperti ini selalu saja ada sesi research, wawancara dengan staff, dengan pelanggan dsb.. dsb… dsb… yang memakan waktu tidak sebentar. Baru dari sana kita bisa tahu apa sebenarnya yang diinginkan dan apa kendalanya.

Dan ternyata bukan hanya para klien, rata-rata kita memang sulit untuk menjelaskan apa yang kita inginkan.

Pertanyaan sederhana “Apa yang Kamu Mau?” sangat sulit dijawab bahkan oleh istri dan sahabat-sahabat saya.

Tapi coba kalau pertanyaannya dirubah menjadi : “Apa yang kamu tidak suka?” pasti jawabannya lancar… panjaaang… banyaaaak… ha ha

Memang begitulah rata-rata kita termasuk saya. Kita selalu tau apa yang tidak kita suka. Apa yang kita tidak mau. Apa yang kita benci.

Padahal bukankah rasa tidak suka, tidak ingin, benci ini adalah pikiran negatif? pikiran yang akan menghambat semua kreatifitas kita ?

Padahal katanya kalau mau hidup ini indah, kita harus selalu berpikir positif. Lah… gimana mau berpikir positif kalau yang ada dipikiran isinya cuma yang negatif nya doank?

Lantas gimana caranya supaya kita tahu apa yang kita mau ? ternyata gampang sekali. Dengan logika matematika sederhana pertanyaan ini bisa dijawab. Maksudnya adalah :

Jika saya tahu apa yang saya tidak mau, maka seharusnya saya tahu apa yang saya mau.

So, gimana donk. Ayo kita lakukan besama-sama. Ambil pulpen, ambil kertas, bikin dua kolom seperti contoh pada gambar dibawah ini :

 

Kolom kiri, tulis semua daftar apa saja yang kita tidak mau.

Misalnya : Saya tidak mau miskin, saya tidak mau sakit, saya tidak mau masuk neraka, dst, dst, dst

Nah, kolom yang sebelah kanan, tulis semua lawan dari kolom kiri.

Misalnya:
Saya tidak mau miskin. >< Saya mau kaya
Saya tidak mau jadi orang gajian. >< Saya mau jadi pengusaha
Saya tidak mau putus sekolah >< Saya mau sekolah tinggi

Nah, ketemu kan? sekarang tulis sebanyak-banyak nya. Setelah itu… robek bagi dua kertasnya, remas, bejek-bejek bagian kiri alias bagian negatif nya. Setelah itu buang !

Sekarang kita cuma punya bagian positifnya saja. Itu adalah bagian KUTAHU YANG KU MAU. Salin daftar yang kumau kedalam lembar Daftar Impian, lalu tempel Daftar Impian tersebut ditempat yang gampang dilihat setiap hari. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah fokus pada apa yang kita mau. Niscaya yang selalu ada dipikiran kita adalah pikiran-pikiran positif

So, mau sukses ? Harus bilang : Kutahu Yang Kumau !

Semoga bermanfaat

Salam Kreatif,

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe IndonesiaKonsultan Kreatif 

Thiar Bramanthia Author

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *