Tempat Sampah Perangkat Wajib Dalam Rumah

Kenapa akoe bilang tempat sampah perangkat wajib dalam rumah ? simak dulu pelan-pelan ya, karena ini adalah lanjutan dari tulisankoe sebelumnya yang berjudul Semua dimulai Dari Rumah.

Kita sering kali menuduh masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang gemar buang sampah sembarangan. Akibatnya jalanan, got, sungai, penuh dengan sampah. Dan saat banjir datang, lagi-lagi kebiasaan buang sampah yang menjadi tertuduhnya.

Akoe tidak ingin membantah pendapat ini karena memang banyak bukti yang mengarah kesana. Akoe hanya ingin bertanya, sudahkah kita membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya ?

Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya tidak bisa dipaksakan, tapi harus dibiasakan. Dan lagi-lagi, semua dimulai dari rumah.

Ada baiknya kita cek lagi, apakah di rumah kita sudah tersedia tempat sampah yang cukup ? Karena bagaimana mau membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya jika tempat buang sampahnya tidak tersedia ?

Tempat sampah kecil dan praktis sebaiknya ditempatkan pada posisi-posisi yang mudah dijangkau. Sudut ruang tamu, sudut ruang keluarga, sudut ruang makan, dapur, kamar tidur bahkan kamar mandi.

Jika tempat sampah sudah tersedia dan mudah dijangkau, maka kebiasaan membuang sampah pada tempatnya akan terbentuk dengan sendirinya,

Setelah itu, tidak ada alasan lagi untuk membuang sampah sembarangan. Betul ?

 

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe Indonesia | Konsultan Kreatif 

 

Thiar Bramanthia Author

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *