5 Syarat Jadi Pengusaha Kopi

Sebenarnya menjadi pengusaha kedai kopi itu tidak terlalu sulit. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk menjadi pengusaha kedai kopi yang sukses, setidaknya ada 5 syarat utama yang haru anda penuhi, yaitu :

a. Doyan ngopi.

Sebagai pengusaha kedai kopi, minimal anda harus bisa membedakan mana kopi yang enak dan mana kopi yang kurang enak. Bagaimana mungkin anda bisa membedakan jika anda sendiri tidak doyan ngopi.

b. Kenal aneka biji kopi dan pengolahannya.

Indonesia termasuk negeri yang kaya akan kopi. Hampir setiap wilayah di Indonesia punya kebun kopi baik arabica maupun robusta. Minimal anda mampu menyebutkan jenis-jenis kopi Indonesia. Jangan cuma bisa menyebutkan nama-nama ikan 🙂

c. Tahu sejarah dan perkembangan kopi.

Kopi adalah bagian dari budaya kuno Indonesia. Memahami sejarahnya akan menambah kecintaan anda pada kopi.

d. Bisa meracik kopi sendiri.

Meskipun nantinya anda akan merekrut seorang barista, sebaiknya anda tetap mampu meracik kopi sendiri. Minimal agar anda tidak terlalu bergantung pada barista anda.

e. Menguasai Communication Skill yang cukup baik.

Umumnya orang datang ke kedai kopi bukan semata ingin minum kopi. Kebanyakan mereka datang untuk berkumpul bersama teman, ngobrol, numpang kerja dan lain sebagainya. Intinya menghabiskan waktu berlama-lama di Kedai. Dengan kemampuan berbicara yang baik, tentu pelanggan akan merasa betah nongkrong di kedai anda.

Nah, itu dia 5 syarat utama menjadi pengusaha kedai kopi yang sukses. Selamat mencoba.

nb.
kisah tentang kopi dan peluang usahanya bisa dibaca dalam buku saya yang berjudul “Panen Rejeki Lewat Kedai Kopi”.

Salam Kreatif, Salam Internet Marketing

Thiar Bramanthia
Konsultan Kreatif | Internet Marketing

69 total views, 1 views today

Thiar Bramanthia

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *