Apa Yang Membuat Presentasi Jadi Membosankan ?

Apakah Anda pernah mengalami, menyaksikan sebuah presentasi dengan tema penting tapi kok malah bikin boring? Atau mungkin Anda pernah melakukan presentasi dimana para pemirsa Anda sebagian terlihat tertidur di kursinya? Waduh… berarti ada yang salah dengan materi presentasi Anda.

Sebenarnya apa sih yang membuat sebuah presentasi jadi membosankan ? ada beberapa hal yang jadi penyebabnya. Saya uraikan 4 diantaranya ya :

1.Salah memilih Warna

Hati-hati dalam memilih warna. Jika warna background terlalu terang seperti merah atau kuning terang, akan membuat emosi penonton jadi tidak menentu. Perhatikan juga kontras antara warna background dengan warna text. Jangan sampai text menjadi sulit terbaca gara-gara salah memilih warna.

2.Salah memilih Font

Dunia digital sekarang ini sudah sangat kreatif. Banyak jenis Font yang keren. Tapi hati-hati.. ! Font yang bagus belum tentu enak dibaca. Pilihlah jenis Font yang mudah dibaca tapi juga bagus.

3.Terlalu banyak tulisan

Terkadang Presenter ingin menyampaikan semua idenya kedalam Slide. Boleh-boleh aja, tapi jangan disampaikan dalam tulisan semua. Penonton akan sulit membaca dan membuat mereka lelah emnatap Slide anda. Akhirnya.. tertidur !

4.Tidak memiliki alur cerita

Membuat Slide Presentasi tidak ubahnya menyusun sebuah skenario drama pendek. Alur cerita harus dibuat semenarik mungkin agar penonton tidak bosan.
Presentasi yang tidak memiliki alur yang jelas akan terkesan lompat-lompat dan membingungkan.

Nah, sekian dulu tips Presentasi kali ini, nantikan tips and trick Powerpoint & Keynote yang akan datang.

 

Salam Kreatif, Salam Internet Marketing

Thiar Bramanthia
Konsultan Kreatif | Internet Marketing

348 total views, 2 views today

Thiar Bramanthia

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *