Asal Mula Nama Pondok Kopi

Pasti udah tau donk kawasan sekitar Jatinega yang disebut Pondok Kopi? tapi apakah anda sudah tau kenapa daerah itu disebut Pondok Kopi? Padahal tidak ada pohon kopi disana. Apalagi pondok yang terbuat dari kopi. Sama sekali tidak ada.

Mau tau ceritanya? begini…

Pada tahun 1696, Nicholas Witsen yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Amsterdam mengeluarkan Surat Perintah kepada Adrian Van Ommen, seorang Komandan Pasukan yang bertugas di India, tepatnya di daerah yang bernama Malabar.

Isi Surat Perintah itu adalah menugaskan Adrian Van Ommen untuk membawa bibit Kopi dari Malabar ke Indonesia. Maka berangkatlah Adrian Van Ommen ke Batavia atau sekarang dikenal dengan nama Jakarta.

Sesampainya di Batavia, mulailah Belanda mencari daerah yang cocok untuk ditanami kopi. Pilihan jatuh ke sebuah lahan milik Partikelir di kawasan Jatinegara. Maka disanalah kopi ditanam hingga tumbuh memenuhi kawasan tersebut. Sejak itu, orang-orang setempat menyebut perkebunan kopi itu dengan nama Pondok Kopi.
Nah, begitulah ceritanya…

Sayangnya, pada suatu ketika Pondok Kopi dilanda banjir yang sangat parah sampai menghancurkan kebun kopi yang ada disana. Sehingga akhirnya Belanda memutuskan untuk memindahkan perkebunan kopinya ke daerah parahiangan.

Jadi kalau sekarang Pondok Kopi sering banjir, wajar aja. Sejak jaman Belanda juga udah banjir 🙂

nb.
kisah tentang kopi dan peluang usahanya bisa dibaca dalam buku saya yang berjudul “Panen Rejeki Lewat Kedai Kopi”.

Salam Kreatif, Salam Internet Marketing

Thiar Bramanthia
Konsultan Kreatif | Internet Marketing

52 total views, 1 views today

Thiar Bramanthia

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *