Digital Mindset yang harus dimiliki pelaku bisnis

Berdasarkan data, perkembangan dunia digital di Indonesia sangat pesat. Itu juga yang saya tulis dalam artikel saya sebelumnya (baca : Peluang Bisnis Online 2016 Masih Bagus ?).

Tapi jika melihat dunia bisnis lokal dengan lebih teliti lagi, sepertinya perkembangan pesat dunia digital ini tidak terlalu terasa. Bisnis digital masih sebatas euphoria sebagian pihak terutama para pemain bisnis online dan belum menyentuh model bisnis lainnya.

Hal ini terlihat dengan jelas jika kita merujuk pada data eMarketer tahun 2013 bahwa nilai belanja iklan di Indonesia adalah sebesar 110 Triliun Rupiah, dimana nilai belanja iklan digital hanya sekitar 2% nya saja. Jelas dengan nilai belanja iklan digital sekecil itu tidak akan memberi dampak yang signifikan pada perkembangan bisnis online di Indonesia.

Padahal gembar-gembor bisnis online sudah bergaung sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya ketika pada tahun 2007 teknologi 3G masuk ke Indonesia yang dibarengi dengan meningkatnya popularitas Facebook dan Twitter. Ditambah lagi para produsen telepon selular secara aktif memanfaatkan fitur Facebook dan Twitter sebagai andalan promosinya.

Tak pelak lagi, dalam waktu singkat Internet mulai meluas di Indonesia hingga ke pelosok-pelosok. Mulai dari para pengusaha, profesional, anak sekolah hingga para asisten rumah tangga akrab dengan Internet terutama Facebook dan Twitter.

Namun tetap saja, media digital besar hanya dikuasai oleh segelintir pemain saja seperti Kaskus, Olx, Tokopedia dan Bukalapak. Itupun masih bisa diperdebatkan berapa besar perputaran transaksi real para pemain besar ini.

Lalu pertanyaannya, mengapa perkembangan Bisnis Online di Indonesia belum sebanding dengan potensi pengguna yang begitu besar ?

Agak sulit menjawabnya. Hanya saja saya menaruh harapan besar kepada para pelaku UMKM untuk segera memasukkan Digital Mindset kedalam Sistem Management mereka. Bagaimanapun UMKM yang jumlahnya tidak sedikit ini seharusnya bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya di dunia bisnis digital.

Digital Mindset yang sebaiknya dimiliki para pelaku UMKM adalah :

  • Pelaku bisnis harus memiliki Visi digital dan menularkan ke dalam organisasinya.
  • Memberikan peluang untuk generasi muda dalam memanfaatkan teknologi digital.
  • Menjembatani gap antar pihak yang lebih digital savvy dengan pihak yang masih konvensional.
  • Percaya dengan data digital yang digabungkan dengan intuisi.
  • Open minded dengan hal-hal baru yang muncul terus menerus beserta perubahan yang mengikuti tren tersebut.

Semoga dengan berlandaskan pola pikir seperti diatas dalam penerapan management, maka perkembangan bisnis digital di Indonesia akan semakin pesat lagi.

Salam Kreatif,

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe IndonesiaKonsultan Kreatif 

253 total views, 8 views today

Thiar Bramanthia

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *