Peluang Usaha Kedai Kopi

Tanggal 23 dan 24 Desember 2018 saya mendapat amanah untuk memberikan pelatihan Peluang Usaha Kedai Kopi kepada generasi milenial di Tangerang Selatan.

Bertempat di Sapphire Sky Hotel BSD, sekitar 100 anak-anak muda begitu antusias mendengarkan pemaparan saya tentang besarnya peluang usaha Kedai Kopi.

Tidak hanya melulu tentang teknis, saya justru banyak bercerita tentang sejarah dan hubungan Kopi dengan Budaya bangsa Indonesia. Kenapa ini penting? karena umumnya orang mengira bahwa yang membawa Kopi ke Indonesia adalah VOC, Belanda. Padahal kenyataannya, jauh sebelum Belanda masuk ke Indonesia masyarakat Aceh dan Sumatera Barat sudah biasa ngopi.

Fakta ini bisa ditelusuri lewat syair-syair atau pantun kuno bangsa Aceh. Banyak syair yang sudah menyebut kata sengkewe atau kupi (istilah kopi dalam masyarakat Aceh). Bahkan C.Snouck Hurgonje dalam bukunya yang berjudul ‘Het Gajoland en Zijne Bewoners’ juga menyebutkan bahwa ketika ia mengunjungi Aceh pertama kali, sudah banyak ditemukan perkebunan Kopi disana.

Cerita inilah yang harus diluruskan, agar ketika anak-anak muda ini membuka kedai kopi nantinya, mereka mampu menyampaikan cerita yang sebenarnya kepada para pelanggan mereka.

 

Salam Kreatif, Salam Internet Marketing

Thiar Bramanthia
Konsultan Kreatif | Internet Marketing

36 total views, 1 views today

Thiar Bramanthia

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *