Pentingnya Membangun Personal Branding

Ada teman yang bertanya, apakah benar Internet Marketing bisa menjadi solusi pemasaran sebuah produk. Karena kenyataannya dia jarang sekali mendapatkan order dari Internet meski sudah melakukan berbagai tehnik Internet Marketing. Tetap saja harus melakukan proses marketing konvensional dengan mendatangi perusahaan-perusahaan calon klien.

Kamipun lantas diskusi panjang membahas permasalahan bisnisnya sambil menikmati kopi kental di salah satu coffee shop di Bintaro.

Bisnis teman saya ini adalah bisnis Jasa Konsultan yang terbilang baru. Belum banyak orang yang tahu tentang jasa konsultan yang ditawarkan. Dan sebagaimana umumnya perusahaan yang baru berdiri, budget selalu menjadi kendala utama. Untuk itulah teman saya lebih memilih pesaran lewat Internet ketimbang membangun team Marketing yang membutuhkan biaya cukup tinggi.

Sambil ngobrol saya juga sempat melihat-lihat Website dan Facebook FanPage yang sudah dibuat lengkap dengan puluhan status nya.

Website dan Facebook Fanpage sudah dikelola dengan baik. Update secara rutin sudah dilakukan. Lantas apa yang salah ?

Menurut saya sih gak ada yang salah. Masalahnya memang belum banyak orang yang mengenal perusahaan ini dan orang-orang dibelakangnya.

Yang namanya bisnis di Internet, pasti sangat erat kaitannya dengan sosok yang ada dibelakang bisnis tersebut. Orang cenderung membeli produk di Internet jika sudah kenal dengan penjualnya. Minimal sudah banyak informasi tentang orang tersebut yang beredar di Internet.

Nah, teman saya ini terlaku fokus memperkenalkan layanan jasanya tapi lupa memperkenalkan siapa dirinya dan team yang berperan dibalik perusahaan tersebut. Disinilah peran Personal Branding sangat dibutuhkan.

Sebelum menjual produk atau jasa lewat Internet, yakinkan dulu para penduduk Internet ini bahwa anda memang ahli dibidang tersebut. Kalo gak gitu ya gak bakal ada yang beli.

Membangun personal branding memang gampang-gampang susah. Gampang karena tehniknya tidak jauh beda dengan Internet Marketing pada umumnya. Susah, karena pasti akan menyita waktu. Alih-alih ngurusin bisnis malah sibuk meningkatkan Personal Branding 😉

So, gimana donk? Kalau mau gampang, serahkan saja pada para penyedia jasa Personal Branding. Salah satunya yang saya rekomendasikan adalah…. ThiarBramanthia.com Ada tuh di menu “Produk dan Jasa” 😉

Salam Kreatif,

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe IndonesiaKonsultan Kreatif 

127 total views, 2 views today

Thiar Bramanthia

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *