Wisata ke Maluku

Mungkin masih jarang orang atau bahkan travel agent yang menyelenggarakan perjalanan Wisata ke Maluku. Umumnya masih mengincar lokasi-lokasi wisata populer seperti Yogyakarta, Bali dan Lombok. Padahal Maluku tidak kalah indah dibanding destinasi wisata populer yang saya sebut tadi.

Dalam catatan sejarah, Maluku atau Moluccas adalah provinsi tertua di Indonesia. Bagi dunia Internasional, Maluku ini dikenal sebagai daerah yang kaya akan rempah-rempahnya seperti pala dan cengkih. Selain itu, Maluku juga terkenal dengan penghasil intan.

Ibukota Maluku bernama Ambon atau dikenal dengan julukan Ambon manise, yang artinya Ambon yang indah.  Kota Ambon merupakan sentra dari kepulauan Maluku yaitu menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan.

 

Maluku dikenal dengan gugusan pulau yang memberikan karakteristik khas  pesisir pantai dan kelautan yang indah. Dengan karakter seperti itu, jelas bahwa wisata ke maluku tidak jauh-jauh dari wisata bahari. Begitu banyak destinasi wisata bahari yang bisa dinikmati di Maluku. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang wajib kita kunjungi.

Nusa Pombo

Pantai yang bersih dengan air yang jernih

Nusa Pombo adalah pulau tak berpenghuni yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam menggunakan speed boat dari pelabuhan di Ambon. Berhubung Nusa Pombo adalah pulau tak berpenghuni, maka anda harus menyiapkan perbekalan sendiri saat mengunjungi pulau ini. Karena tidak ada satupun yang berjualan makanan dan minuman disana.

Di Nusa Pombo Anda bisa melakukan berbagai petualangan wisata yang menyenangkan di sini, seperti berenang, menyelam untuk menikmati pemandangan laut, dan juga trekking mengelilingi pulau. Pulau ini benar-benar cocok untuk anda yang menyukai petualangan alam.

Pantai Liang

Pantai dengan Air yang Jernih

Pantai Liang atau dikenal juga dengan nama Pantai Hunimua, terletak di Desa Liang Kecamatan Salahutu sekitar 40 KM dari pusat kota Ambon. Pantai ini mendapat gelar Pantai terindah di Indonesia oleh PBB pada tahun 1991.

Sesuai dengan gelarnya, pantai ini benar-benar indah dengan pasirnya yang putih dan airnya yang masih jernih. Ombak di Pantai Liang tidak terlalu tinggi, jadi jangan takut untuk bermain air di tepiannya. Jika anda hanya ingin bersantai saja, anda bisa menikmati indahnya pantai sambil berwisata kuliner atau berjemur di tepi pantai.

Untuk urusan perut, jangan khawatir. Di sekitar Pantai Liang terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan.

Pantai Natsepa

Air laut yang jernih hingga ikanpun terlihat jelas

Lokasi Pantai Natsepa berada di Kecamatan yang sama dengan Pantai Liang, yaitu Kecamatan Salahutu. Keistimewaan pantai ini terletak pada airnya yang sangat jernih sampai-sampai anda bisa melihat ikan yang berenang di dalamnya.

Ikannya cukup banyak hingga anda bisa memancing ikan  dari tepi pantai. Atau tentu saja jika ingin mendapat ikan lebih banyak,  anda bisa menyewa perahu dan mengelilingi laut sambil memancing di atas perahu.

Makanan Khas yang tersedia di sekitar pantai adalah rujak khas Natsepa, kalau datang ke Pantai Natsepa anda harus mencoba rujak tersebut. Jika anda tidak menyukai rujak dan ingin mencoba ikan segar dari Netsapa, anda bisa datang ke pasar ikan yang berjarak 700 meter dari Pantai Natsepa.

Pantai Pintu Kota

Menikmati keindahan karang

Tidak seperti Pantai Natsepa dan Pantai Liang yang berpasir putih, Pantai Pintu Kota di penuhi oleh batu-batu karang yang indah. Di Pantai ini terdapat tebing karang yang menjorok ke laut dan dibawahnya memiliki lubang yang terlihat seperti pintu. Mungkin itu sebabnya pantai ini dinamakan Pantai Pintu Kota.

Karena keindahan lokasi ini, sehingga banyak sekali tempat yang bisa dijadikan Spot Selfie 😉

Setelah lelah berkeliling menikmati pemandangan, anda bisa beristirahat sejenak sembari menikmati makanan yang dijual di sekitar pantai.

Pemandian Air Panas Negeri Tulehu

Pemandian Air Panas Negeri Tulehu berjaraka kurang lebih 30 KM dari pusat kota Ambon. Pemandian ini dibagi menjadi dua tempat dengan suhu yang berbeda, suhunya kira-kira diantara 57 sampai 70 derajat Celcius.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar,  jika berendam di Pemandian Air Panas Negeri Tulehu itu dapat menyembuhkan penyakit kulit dan rematik.

Setelah puas berendam anda dapat menikmati pemandangan di gazebo sambil menyantap makanan yang dijual di area pemandian.

Nah, sudah siap mau Wisata Ke Maluku ? Langsung aja siapin tiketnya disini 😉

 

Salam Kreatif,

Thiar Bramanthia
Inisiator Akoe IndonesiaKonsultan Kreatif 

126 total views, 3 views today

Thiar Bramanthia

Thiar Bramanthia adalah seorang Konsultan Kreatif (CreativePreneur), Pemerhati Budaya Aseli Indonesia, Blogger Aktif sekaligus merupakan Inisiator Akoe Indonesia, yang doyan minum kopi ketal sambil dengerin musik metal.

One thought on “Wisata ke Maluku

  • July 11, 2017 at 8:31 pm
    Permalink

    Artikelnya sangat menarik.
    Bagi anda yang sedang membutuhkan kendaraan untuk berkeliling di kota ambon, pulau seram, pulau saparua, pulau osi dan kota-kota lainnya di provinsi maluku dapat menggunakan jasa kami http://rentalmobil-ambon.com/

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *